Senin, 14 Juli 2014

Kijang Grand Extra Long

Toyota Kijang pertama kali mbrojol di tahun 1977, yang jelas waktu itu saya belum lahir hehehe… Kijang generasi perdana awalnya didesain untuk angkut barang (pick-up). Saingan terdekat waktu itu adalah Mitsubishi Colt. Kehadiran Kijang sebagai mobil serbaguna yang mudah perawatannya membuat permintaan terus meningkat. Kapasitas mesin pun meningkat dari mulanya 1.200 cc naik jadi 1.300 cc & kemudian 1.500 cc. Seiring berjalannya waktu, Kijang mendulang masa keemasan khususnya untuk Kijang generasi ketiga yang dibuat di rentang periode 1986-1996. Pada generasi ini Kijang yang sebelumnya dikenal sebagai kendaraan angkut mulai bergeser menjadi kendaraan penumpang. Kijang generasi ketiga terdiri dari 2 tipe yakni Kijang Super (1986-1996) & Kijang Grand (1992-1996).

Kijang generasi ini dibekali dengan 2 tipe mesin yakni tipe 5K (1.500 cc) & 7K (1.800 cc). Transmisinya tersedia 2 macam juga yaitu 4 & 5 tingkat percepatan. Salah satu teknologi terkini di masa itu yang dipersembahkan oleh Toyota adalah teknologi full pressed body & Toyota Original Body dimana proses pembuatan bodi mobil menggunakan sistem press, metode las titik & pengecatan yang bebas dempul.

Varian Kijang ini cukup banyak mulai dari LX, LSX, LGX, SX, SSX, SGX dsb. Yang awalan L menandakan Long = sasis panjang & yang awalannya S artinya Short = sasis pendek. Kijang yang fiturnya sederhana ada di LX & SX. Sedangkan yang paling mewah ada di LGX & SGX dimana udah dibekali dengan AC double blower, power window, tachometer, power steering, central door lock dsb.

Oh ya, selama 10 tahun beredar, MPV yang ber-tagline “Kijang Memang Tiada Duanya” ini sanggup terjual hingga lebih dari 509.687 unit !!! Tak salah jika banyak kalangan yang berpendapat bahwa Kijang Super adalah generasi tersukses yang pernah dicapai Toyota. Tertarik ingin meminangnya ??? sedikit gambaran dari saya pas minjem mobil tetangga :mrgreen: kalo mesin 7K bensinnya rada boros sedangkan mesin 5K tenaganya kurang ngejoss. Tinggal pilih mau yang boros tapi bisa ngacir ato yang irit tapi tenaga pas2an